PT. Tria Magna Sejati

  • STUDI BUSUR API
  • STUDI BUSUR API

Deskripsi Jasa STUDI BUSUR API

Apa itu Arc Flash?

Definisi arc flash atau busur api atau busur kilat adalah pelepasan energi panas dan cahaya yang tak diharapkan secara tiba-tiba yang dihasilkan oleh menjalarnya listrik melalui udara seperti kilat. Arc flash merupakan fenomena yang biasanya disebabkan oleh hubungan tak disengaja antar konduktor bertegangan atau antara konduktor bertegangan dengan tanah. Temperatur pada titik busur dapat mencapai atau bahkan lebih dari 35000 Fahrenheit, atau empat kali temperatur permukaan matahari. Udara dan gas disekitar busur secara cepat akan memanas dan membuat konduktor menjadi uap. Uap ini lalu menyebabkan gelombang yang disebut dengan arc blast atau ledakan busur. Arc blast adalah fenomena lanjutan dari kejadian arc flash. Arc flash dan arc flash adalah merupakan fenomena berbahaya dengan berbagai tingkat risiko.

Saat ini mayoritas studi dan asesmen resiko bahaya arc flash (busur api) mengacu pada IEEE 1584 dan NFPA 70E. Berdasarkan standar NFPA 70E, studi arc flash harus dilakukan setiap 5 (lima) tahun atau setiap kali modifikasi besar dilakukan pada fasilitas.

Kenapa Perlu Melakukan Studi Resiko Bahaya Arc Flash?

Alasan utama kenapa kita perlu untuk melakukan studi atau asesmen arc flash adalah untuk keselamatan personil. Hubung singkat dan gangguan busur (arc flash fault) merupakan fenomena yang sangat berbahaya dan berpotensi fatal bagi personil. Diperlukan analisis bahaya arc flash dibutuhkan untuk menentukan resiko arc flash terhadap personil dan untuk memberi peringatan kepada personil atau pekerja tentang jenis alat pelindung diri apa yang harus mereka kenakan bila bekerja pada peralatan listrik yang bertegangan.

Alasan kedua, karena ada kewajiban dan peraturan pemerintah. Studi arc flash juga merupakan bagian dari STUDI SISTEM TENAGA LISTRIK. 

Lingkup Pekerjaan Dalam Asesmen Resiko Arc Flash

Secara umum, lingkup pekerjaan dalam sebuah studi arc flash yang dilaksanakan oleh konsultan arc flash adalah sebagai berikut:

  • Analisis arus hubung singkat (arus hubung singkat kasus terburuk).
  • Evaluasi and analisis koordinasi peralatan proteksi listrik.
  • Analisis bahaya arc flash atau busur api.
  • Laporan Analisis Bahaya Arc Flash dan gambar SLD. Laporan tersebut akan disertifikasi oleh Engineer Bersertifikat (PE).

Kirim Pertanyaan Anda ke PT. Tria Magna Sejati

Isi Kode Security:


Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Ingin menghubungi kami?
Klik tombol dibawah
Logo IDT
Chatbot